Pages

Oct 6, 2010

Red (2010), pensiunan yang (masih) berbahaya







"Still Armed. Still Dangerous. Still Got It"

SINOPSIS dan RESENSI FILM

Red is story about Frank (Bruce Willis), Joe (Morgan Freeman), Marvin (John Malkovich) and Victoria (Helen Mirren) used to be the CIA’s top agents – but the secrets they know just made them the Agency’s top targets. Now framed for assassination, they must use all of their collective cunning, experience and teamwork to stay one step ahead of their deadly pursuers and stay alive. To stop the operation, the team embarks on an impossible, cross-country mission to break into the top-secret CIA headquarters, where they will uncover one of the biggest conspiracies and cover-ups in government history.



Red (2010) Trailer
video

Orang bilang, bekerja di bidang intelijen artinya bekerja seumur hidup. Bisa dimengerti karena terlibat dalam urusan rahasia negara jelas membuat para pelakunya jadi target orang-orang yang berminat pada informasi rahasia atau malah orang dalam agency sendiri yang tak menginginkan rahasia negara ini sampai bocor.

Frank Moses (Bruce Willis) sadar benar akan risiko itu namun ada saat ketika orang lengah dan tak ingat lagi pada konsekuensi dari pekerjaan itu. Saat pensiun, Frank berharap bisa hidup tenang sebagai warga masyarakat biasa namun sayangnya, masa lalunya sebagai mantan agen CIA seolah tak mau melepasnya pergi begitu saja.

Suatu ketika, Frank diserang sekelompok orang dengan senjata canggih namun untungnya Frank bisa lolos. Dari cara mereka bertindak, Frank tahu kalau orang-orang yang mengincar nyawanya itu adalah agen CIA. Sadar kalau tak mungkin meminta bantuan ke bekas tempatnya bekerja itu, Frank hanya punya satu tujuan: orang-orang yang dulu bekerja bersamanya selama di CIA. Bersama Victoria (Helen Mirren), dan Joe (Morgan Freeman), Frank menempuh perjalanan panjang menuju markas besar CIA untuk mengungkap sejarah hitam Amerika.

Saat pertama melihat daftar pemain film berjudul RED ini, pertanyaan pertama yang muncul adalah, "Kenapa bisa ada nama Helen Mirren di sana?" Mengejutkan memang karena selama ini aktris Inggris ini lebih identik dengan film-film drama. Malahan karena reputasinya memerankan Sang Ratu Inggris, ia sampai sering disebut The Queen. Yang pasti, kalau nama Helen Mirren masuk dalam daftar pemain, bisa jadi ada yang menarik dari film laga berbau komedi ini.

Ternyata dugaan itu memang tak salah. Meski nama Helen Mirren bukan nama paling atas namun bisa dibilang kalau aktris senior ini adalah pemain yang paling bersinar dalam film ini. Entah karena kita jarang melihat Helen beraksi secara fisik atau karena aktris ini sanggup menghidupkan karakter Victoria yang ia perankan tapi yang jelas ini adalah filmnya Helen Mirren.
Kisahnya memang tak terlalu muluk-muluk. Maklum film ini diadaptasi dari graphic novel yang rata-rata memang tak menawarkan terlalu banyak, kecuali versi hard copy WATCHMEN mungkin. Bagusnya, Robert Schwentke tak berusaha untuk 'menyamarkan' film ini sebagai film drama berkualitas tinggi. Dengan cerita yang sederhana, sang sutradara mampu meramu adegan demi adegan dengan baik dan hasilnya adalah tontonan yang menghibur.

Tentu saja itu semua tak ada artinya kalau para pendukung film ini tak memberikan yang terbaik. Bruce Willis jelas tak punya banyak masalah memerankan karakter Frank karena karakter seperti ini memang sudah makanan Bruce sehari-hari. Hal yang sama juga berlaku untuk Morgan Freeman dan John Malkovich. Karena itu tak salah rasanya jika memberi nilai lebih pada Helen Mirren  yang ternyata juga bisa beraksi dengan senapan mesin. Benar-benar pensiunan yang (masih) berbahaya dan sangar. --disadur dari kapanlagi.com--

Starring: Bruce Willis, Morgan Freeman, Helen Mirren, John Malkovich, & Mary-Louise Parker
Director: Robert Schwentke
Runtime: 111 minutes

Source: imdb.com movieweb.com 21cineplex.com


Playing at selected theaters:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...