Pages

Jan 17, 2011

The Way Back (2011), petualangan dan perjalanan panjang menuju kebebasan








"Their escape was just the beginning"

Sinopsis & resensi film "The Way Back (2011)" movie review 

The Way Back (2011), is a story of the adventure of Siberian gulag escapees walk 4000 miles overland to freedom in India.

Starring: Colin Farrell, Jim Sturgess, Ed Harris, Mark Strong, Saoirse Ronan
Director: Peter Weir
Runtime: 133 minutes
IMDb: The Way Back (2010) >> http://www.imdb.com/title/tt1023114/
7.7/10 (imdb.com rating)
6.4/10 (rottentomatoes.com rating)


Sinopsis & resensi film: The Way Back (2011) trailer & movie review
resensi film The Way
Back (2011) review poster













Gulag, 1940. Bisa jadi tempat ini adalah tempat paling mengerikan di seluruh dunia. Tak ada penjara dengan sistem brutal seperti ini. Tak ada orang yang ingin berakhir di sini dan mustahil pula untuk bisa lolos dari neraka ini. Tapi sepertinya fakta ini tak membuat sekelompok kecil tahanan dengan tekad besar jadi gentar.

Janusz (Jim Sturgess), Valka (Colin Farrell), Smith (Ed Harris), Khabarov (Mark Strong), Zoran (Dragos Bucur), dan Voss (Gustaf Skarsgård) adalah enam orang dengan tekad baja itu. Dengan tekad bulat, mereka melarikan diri dari Gulag. Berhasil lolos saja tak cukup karena kejamnya alam masih menghadang di hadapan mereka.

Mereka masih harus menempuh jarak empat ribu mil, melewati lima negara untuk bisa menghirup udara bebas. Di tengah perjalanan ini mereka bertemu seorang gadis bernama Irena (Saoirse Ronan) yang kemudian menyertai perjalanan mereka menuju India. Mampukah mereka semua bertahan dari ganasnya alam?

Film seperti ini memang 'menyita perhatian'. Bagaimana tidak, dengan janji dibuat berdasarkan kisah nyata saja sudah cukup menarik perhatian, apalagi film ini berkisah tentang bagaimana manusia bisa bertahan saat dihadapkan ganasnya alam. Itu pun masih ada bonus sederet bintang besar yang pastinya bakal menyajikan akting yang prima.

Soal akting memang tak ada yang perlu dikomentari dari para aktor dan aktris yang bermain di film berjudul THE WAY BACK ini. Jim Sturgess, Colin Farrell, Ed Harris, Saoirse Ronan, dan Mark Strong jelas bukan nama baru di dunia akting. Dan tak percuma juga nama besar yang mereka sandang itu karena nyatanya, akting mereka dalam film arahan Peter Weir ini memang bagus.

Menyaksikan THE WAY BACK ini di layar kecil mungkin tak akan terlalu memuaskan karena pemandangan yang diambil sebagai latar belakang memang benar-benar indah. Meskipun digambarkan betapa ganasnya alam yang harus dilewati para karakter ini namun di saat yang sama Peter Weir juga menampilkannya sebagai sebuah keindahan yang sulit digambarkan.

Memang nyaris tak ada cacat pada THE WAY BACK ini. Kalaupun ada kekurangan, barangkali adalah, dalam durasi 133 menit, deretan adegan yang disajikan Peter Weir ini mulai sedikit memunculkan rasa jenuh walaupun tak terlalu parah. The Way Back (2011), petualangan dan perjalanan panjang menuju kebebasan.  --disadur dari kapanlagi.com--

Source: imdb.com movieweb.com kapanlagi.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...