Pages

Sep 7, 2010

Aftershock (2010)







"When disaster has passed..."

Based on the Tangshan Earthquake in 1976 that took the lives of 240,000 people

video

Trauma masa kecil memang susah untuk dilupakan. Pada beberapa orang, pengalaman buruk ini bahkan menghantui seumur hidup mereka. Itulah yang dirasakan oleh Fang Deng (Jingchu Zhang) meski hidupnya kini sudah membaik. Fang Deng adalah korban gempa bumi Tangshan yang menelan korban hingga ratusan ribu nyawa.

Fang Deng adalah putri Li Ni (Fan Xu). Li Ni tak di rumah ketika bencana itu terjadi dan saat ia pulang, wanita ini mendapati dua anak kembarnya telah terkubur puing-puing. Li Ni diliputi dilema. Ia harus menyelamatkan anak kembarnya yang berusia tujuh tahun namun kenyataannya Li Ni harus memilih. Ia tak bisa menyelamatkan keduanya.

Setelah perang batin yang bergejolak, Li Ni akhirnya menjatuhkan pilihan pada Fang Da (Chen Li), anak laki-lakinya. Sayangnya Fang Deng kecil ternyata mendengar saat ibunya mengambil keputusan vital ini. Fang Deng akhirnya berhasil selamat meski seumur hidupnya pengalaman buruk itu tak bisa hilang dari benaknya. Bahkan saat sepasang suami - istri akhirnya mengadopsi Fang Deng pun gadis kecil ini tetap tak bisa menghilangkan kenangan buruk yang pernah terjadi itu.

Ada yang bilang, karena industri film Asia berawal dari kesenian tradisional, naskah kadang tak terlalu penting. Berbeda dengan film Barat yang rata-rata sangat mementingkan naskah dan alur cerita, film Asia lebih banyak mengurusi masalah adegan. Karena itu pula kadang film buatan Asia jarang bisa bertahan lama karena ikatan antara film itu sendiri dengan penontonnya hanya terjadi secara instan dan tak bisa bertahan lama.

Kelebihannya, film Asia lebih bisa menyentuh emosi penonton, baik itu berupa komedi maupun tragedi seperti film berjudul AFTERSHOCK ini. Sebagai sebuah film, AFTERSHOCK bisa dimasukkan dalam kategori film yang menguras air mata. Feng Xiaogang, sang sutradara, pintar meramu berbagai adegan yang sanggup menyentuh hati namun sayangnya, itu tak diimbangi dengan penulisan naskah yang cukup bagus. Akhirnya, tragedi yang terasa menyayat hati itu tak bertahan cukup lama.

Sekilas, dari cara pengambilan gambar, ada kesan seolah-olah sedang menonton film serial televisi. Sebagian besar film ini berisi dialog antara karakter yang ada di dalamnya dan jangan berharap ada adegan spektakuler soal bencana yang menimpa Tangshan di tahun 1976 itu. AFTERSHOCK memang bukan film disaster seperti 2012. AFTERSHOCK adalah film drama. --disadur dari kapanlagi.com--

Starring: Jingchu Zhang, Fan Xu & Chen Li
Director: Xiaogang Feng
Runtime: 135 minutes

Source: imdb.com movieweb.com kapanlagi.com
Playing at selected theaters:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...