Pages

Sep 7, 2010

Public Enemy Number 1 (2010)

"The rise of legendary gangster"

Public Enemy Number One (Part 1) charts the outlaw odyssey of Jacques Mesrine (Vincent Cassel), the legendary French gangster of the 1960s and 1970s who came to be known as Public Enemy Number 1 both in Canada and France and The Man of a Thousand Faces.
Infamous for his bravado and outrageously daring prison escapes. Mesrine carried out numerous robberies, kidnappings and murders in a criminal career that spanned continents until he was shot dead in 1979 by France's notorious anti-gang unit. Thirty years after his death, his infamy lives on.

Mesrine was helped along the way by beautiful and equally reckless Jeanne Schneider (Cecile de France), a Bonnie to match his Clyde. Mesrine made up his own epic, between romanticism and cruelty, flamboyance and tragedy. Both a thriller and a biopic, Public Enemy Number One (Part 1) explores the man behind the icon.

Public Enemy Number 1 (2010) Trailer
Walaupun mungkin tak ada yang mengira kalau Jacques Mesrine (Vincent Cassel) bakal jadi penjahat namun sebenarnya pria kelahiran Perancis ini sudah menampakkan gejala buruk bahkan saat ia masih di sekolah. Jacques mungkin sempat mencoba hidup di jalan yang benar namun pada akhirnya selalu saja dunia hitam memanggilnya kembali.

Sebagian orang mungkin menganggap Jacques adalah penjahat sementara yang lainnya mungkin menganggap pria ini sebagai pahlawan namun yang pasti hampir semua orang setuju kalau Jacques adalah legenda. Bagaimana tidak, selama menjadi buron polisi Perancis, kabarnya Jacques sempat merampok 32 bank dan membunuh tak kurang dari 39 orang.

Jacques Mesrine sempat harus mendekam dalam penjara sebanyak empat kali namun empat kali pula musuh masyarakat nomor satu ini berhasil meloloskan diri. Bahkan Jacques Mesrine sempat berujar kalau tak ada orang yang bisa membunuhnya kecuali kalau ia mengizinkan.

Jacques Mesrine memang jadi legenda di negeri asalnya, Perancis. Kalau Amerika punya Bonnie & Clyde atau John Dillinger, Perancis punya Jacques Mesrine. Dalam sejarah perfilman Perancis, sudah berkali-kali nama ini diabadikan dalam film meski tak satu pun yang bisa menyamai ambisi sutradara Jean-François Richet ini. Hasilnya, dua buah film yang dipaket sebagai kisah hidup sang bandit legendaris ini.

Meski sudah dikemas dalam dua buah film yang berdurasi total sekitar empat jam namun tetap saja ada kesan seolah film ini sedikit terburu-buru. Kisah hidup Mesrine memang panjang dan tak mungkin bisa diungkap begitu saja dalam dua film, mini seri mungkin malah bisa lebih dalam mengupas siapa sebenarnya Mesrine. Tapi tak masalah. Karena film ini toh tetap bisa dinikmati dengan baik meski ada kesan terburu-buru tadi.

Sebagai sebuah film, PUBLIC ENEMY NUMBER ONE ini layak disejajarkan dengan epik karya Coppola atau Scorsese. Selain penataan naskah yang bagus, pemilihan aktor pemeran Mesrine pun layak diacungi jempol. Meski nama Vincent Cassel bukanlah nama yang akrab di telinga namun aktor ini sebenarnya punya track record yang sangat panjang. Kalau Anda sempat menonton film THE MESSENGER: THE STORY OF JOAN OF ARC yang dibintangi oleh Milla Jovovich, Vincent sempat bermain di sana. Tahun ini pun kita bakal bertemu Vincent lagi lewat film BLACK SWAN yang bakal segera diputar di gedung bioskop.

Bukan hanya sutradara dan pemeran utama saja yang bekerja keras di sini. Mulai bagian kostum, juru kamera, sampai bagian setting pun menunjukkan hasil kerja yang memuaskan dan mampu membawa kita ke era 1960-an. Kalau Anda menikmati film Johnny Depp yang berjudul PUBLIC ENEMIES, tak ada salahnya mencoba musuh masyarakat nomor satu versi Perancis ini. --disadur dari kapan lagi.com--

Starring: Vincent Cassel, Ludivine Sagnier, Mathieu Amalric & Samuel Le Bihan
Director: Jean-François Richet
Runtime: 133 minutes

Source: imdb.com movieweb.com kapanlagi.com


Playing at selected theaters:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...