Pages

Nov 28, 2010

The American (2010), pembunuh berdarah dingin yang mengincar target sekaligus cinta yang terlarang

 

"I don't think God is very interested in me."

Sinopsis & resensi film "The American (2010)" movie review 

The American (2010), Academy Award winner George Clooney stars in the title role of this suspense thriller. As an assassin, Jack (played by Mr. Clooney) is constantly on the move and always alone. After a job in Sweden ends more harshly than expected for this American abroad, Jack retreats to the Italian countryside. He relishes being away from death for a spell as he holes up in a small medieval town. While there, Jack takes an assignment to construct a weapon for a mysterious contact, Mathilde (Thekla Reuten). Savoring the peaceful quietude he finds in the mountains of Abruzzo, Jack accepts the friendship of local priest Father Benedetto (Paolo Bonacelli) and pursues a torrid liaison with a beautiful woman, Clara (Violante Placido). Jack and Clara’s time together evolves into a romance, one seemingly free of danger. But by stepping out of the shadows, Jack may be tempting fate.

Starring: George Clooney, Violante Placido, Thekla Reuten, Paolo Bonacelli
Director: Anton Corbijn
Runtime: 105 minutes

6.7/10 (imdb.com rating)
6.4/10 (rottentomatoes.com rating)


Sinopsis & resensi film: The American (2010) trailer & movie review
resensi film review The American
(2010) poster



Tidak banyak orang yang mengenal siapa sebenarnya Jack (George Clooney). Lebih dari itu, hampir tak ada orang yang tahu apa yang sebenarnya menjadi mata pencaharian pria ini. Mereka yang tahu adalah orang-orang yang pernah menggunakan jasa Jack. Selain itu, tak ada yang sempat membicarakannya dengan orang lain karena mereka tak pernah punya kesempatan untuk itu. Ya, Jack adalah seorang pembunuh bayaran.

Saat tugasnya di Swedia berakhir dengan cara yang tak menyenangkan, Jack memutuskan untuk mengakhiri kariernya di dunia kelam ini. Jack hanya bersedia melakukan satu tugas lagi dan setelah itu ia akan menghilang dan menikmati masa pensiun dengan uang dari jerih payahnya selama ini. Sayang manusia hanya bisa berencana. Ada kekuatan lain yang menentukan jalan hidup seseorang, termasuk Jack.

Saat berada di Italia untuk mengerjakan tugas terakhirnya, masalah yang dihadapi Jack jadi bertambah pelik. Tugas belum bisa ia laksanakan karena senjata yang akan digunakan Jack masih dalam proses pembuatan. Saat berusaha menghabiskan waktu luang yang ia punya, tanpa sadar Jack telah membahayakan jiwanya sendiri. Jack jatuh cinta pada gadis setempat bernama Clara (Violante Placido) sementara kedekatannya pada seorang pastor bernama Father Benedetto (Paolo Bonacelli) juga berisiko membuat identitas Jack terungkap. 

Film berjudul THE AMERICAN ini adalah hasil karya Anton Corbijn yang mengadaptasi sebuah novel berjudul A VERY PRIVATE GENTLEMAN yang ditulis oleh Martin Booth. Meski dari trailer yang beredar ada kesan kalau film ini adalah film laga seperti kebanyakan film bertema pembunuh bayaran. Sayangnya kesan itu hilang saat mulai menonton film ini.THE AMERICAN bukan murni film laga dan itulah yang membuat film ini jadi menarik. Meski tema yang diangkat adalah soal pembunuhan namun bukan itu yang jadi menu utama dalam film ini. Anton Corbijn dengan piawai meramu visualisasi novel ini dengan baik sehingga, baik akting para pemerannya maupun pemandangan alam Italia, bisa dieksplorasi dengan baik. Mulai dari sudut pengambilan gambar sampai tata suara yang digunakan memang benar-benar efektif dan mampu menjadi pelengkap dari akting George Clooney yang memang ciamik. The American (2010), pembunuh berdarah dingin yang mengincar target sekaligus cinta yang terlarang. --disadur dari kapanlagi.com--

Source: imdb.com movieweb.com kapanlagi.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...