Pages

Nov 21, 2010

(Lanjutan) Inilah 10 film yang paling terbanyak mencuri perhatian penonton di tahun 2010

5. Laskar Pemimpi / aka Dream Warriors
Jumlah penonton: 550 ribu
Pemain: Project Pop, Dwi Sasono, Shanty, Gading Marten, Rifnu Wikana, Masayu Anastasia
Sutradara: Monty Tiwa untuk Starvision Plus
  
Jargon komedi adalah genre pelaris abadi sekali lagi terbukti. LP hadir dengan konsep berbeda. Untuk menambah bobot, Monty tidak hanya mengajak penonton tertawa, tapi juga menyanyi bersama. Selain genrenya tergolong aman untuk semua umur, daya pikat LP terletak pada desain posternya yang keren dan kualitas akting para pemain. Shanty, Dwi Sasono, Masayu, dan Rifnu Wikana bukan pemain murahan.


4. Suster Keramas / aka Nurse Shampooing
Jumlah Penonton: 820 ribu    
Pemain: Rin Sakuragi, Herfiza Novianti, Rizky Mocil, Shinta Bachir, Zidni Adam
Sutradara: Helfi C Kardit untuk Maxima Pictures

“Gagal” mendatangkan Si Ratu Porno Maria Ozawa tidak membuat produser Ody Mulya Hidayat kehilangan senjata. Maria terhalang Rin Sakuragi terbilang. Kedatangan Rin disertai rentetan sensasi. Antara lain, adegan Rin mengumbar payudara di internet dan isu pembabatan pita seluloid oleh LSF. Tak sampai di situ, jaringan 21 dan XXI memasang peringatan. Siapapun yang ingin menonton SK, harus menunjukkan kartu identitas. Kami salah satu “korbannya”. Faktanya, makin dilarang, penonton makin penasaran ingin menyaksikan. Hasilnya, 820 ribu penonton tumpah ruah di ruang gelap sinema. Sebuah “strategi” sensasional! Tidak brilian, namun berhasil.

3. Sang Pencerah / aka The Enlightenment
Jumlah penonton: 1 juta
Pemain: Lukman Sardi, Zaskia Adya Mecca, Slamet Rahardjo, Giring Nidji, Ihsan Tarore
Sutradara: Hanung Bramantyo untuk MVP Pictures

Dan inilah titik cerah pada 2010. Ketika kepala para produser film dibuat cenut-cenut lantaran jumlah penonton menyusut, Hanung Bramantyo hadir bagai penyelamat. Satu juta penonton yang “hilang” setahun terakhir berhasil dikembalikan. Tren pejabat negara “sidak” ke bioskop kembali dihidupkan. Kekuatan film ini selain terletak pada kastingnya, juga kepintaran Hanung menyuarakan proyek Sang jauh-jauh hari. Dalam malam puncak Festival Film Bandung 2008, sutradara Get Married berseloroh soal proyek biografi Ahmad Dahlan. Dari situlah publik tahu, ada “bom” lain yang dirancang Hanung usai gempita Ayat-ayat Cinta.

2. Air Terjun Pengantin / aka Bride's Waterfall
Jumlah Penonton: 1,1 juta
Pemain: Tamara Bleszynski, Marcel Chandrawinata, Tyas Mirasih, Kieran Sidhu
Sutradara: Rizal mantovani untuk Maxima Pictures

Jangan bicara kualitas dan plot cerita. Yang paling menarik dari film ini, kehadiran Tamara Bleszynski. Pose Tamara dengan bikini two pieces di atas kapal jelas mengundang rasa penasaran para pria. Kecerdasan Rizal, menomorduakan penampakan setan. Sumber utama tragedi berdarah di Pulau Pengantin bukan Kuntilanak, melainkan pembunuh berdarah dingin ala The Texas Chainsaw Masacre. Ide ini sebenarnya, tidak baru di industri film. Namun, pertama kali hadir di Indonesia. Alhasil, ATP hadir bak selebriti Twitter dengan follower menggunung. Sejumlah 1,1 juta penonton tidak akan menyesal. Minimal, mereka bisa reuni seksi bersama Tamara yang membuat para pencari berita kelimpungan.

1. Sang Pemimp / aka The Dreamers
Jumlah penonton: 2 juta
Pemain: Vikri Septiawan, Rendy Ahmad, Azwir Fitrianto, Lukman Sardi, Nazril Irham
Sutradara: Riri Riza untuk Miles Film & Mizan Production

Sedikit mengejutkan ketika Mira Lesmana memilih 17 Desember sebagai jadwal rilis SP. Barangkali, faktor penghalang bagi SP hanyalah curah hujan. Selebihnya, SP tidak perlu repot menyikut rival-rival lokal atau film-film musim panas dari negeri Obama. Teori sekuel pasti merangkul 60 persen penonton prekuel memang tidak terbukti. SP “Hanya” mampu mengumpulkan tidak lebih dari 50 persen jumlah penonton Laskar Pemimpi yang mencapai 4,6 juta. Bukan berarti kualitas SP melorot dibanding pendahulunya. SP tidak lagi menyuguh kelucuan anak-anak. Artinya, SP lebih segmented. Dua juta penonton jelas bukan prestasi memalukan. Di tengah seretnya mencari penonton, SP menunjukkan hasil terbaiknya.
(Inilah 10 film yang paling terbanyak mencuri perhatian penonton di tahun 2010) --disadur dari tabloidbintang.com-- 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...