Pages

Oct 22, 2010

Bright Star (2010), pujangga yang dimabuk asmara









"First Love Burns Brightest"

SINOPSIS dan RESENSI FILM

Bright Star (2010) is a drama based on the three-year romance between 19th century poet John Keats and Fanny Brawne, which was cut short by Keats' untimely death at age 25.
Resensi film review: Bright Star (2010) Trailer
resensi film review Bright Star
(2010) poster
video
Puisi memang hanya sederet kata-kata yang buat mata awam seperti tak bermakna jelas tapi di sisi lain puisi juga punya kekuatan yang kadang tak bisa dibayangkan oleh nalar orang awam. Puisi juga yang telah membangun jembatan di antara dua hati yang berbeda dan menyatukannya dalam serangkaian kisah indah. Namun seperti puisi juga, kisah itu harus berakhir tragis, pedih namun manis.

Seumur hidupnya yang John Keats (Ben Whishaw) tahu adalah puisi. Buatnya puisi sudah lebih dari sekedar minat. Puisi adalah dunianya. Di saat yang sama, Fanny Brawne (Abbie Cornish) adalah seorang gadis muda yang penuh semangat hidup namun tak pernah bersentuhan dengan dunia literatur pada umumnya. Meski keduanya bertetangga, namun John dan Fanny adalah dua kutub magnet yang berbeda.

Perhatian Fanny baru tertuju pada John saat ia mengetahui kalau selama ini John tak pernah lelah merawat adiknya yang sakit parah. Berawal dari keinginan Fanny membantu John merawat adiknya, persentuhan Fanny dengan dunia puisi pun dimulai. Puisi pula yang telah meluluhkan hati mereka dan menyatukan mereka dalam indahnya kasih, layaknya pujangga yang dimabuk asmara. Sayang, waktu bukan milik mereka berdua karena sakit yang diderita John Keats akhirnya memisahkan mereka berdua.

Buat yang suka literatur Inggris, nama John Keats pasti sudah tak asing lagi dan benar, BRIGHT STAR ini adalah kisah sang penyair sendiri. Bukan sebuah biografi namun lebih sebagai kisah asmara yang pernah terjadi dalam hidup penyair ini. Bukan sembarang kisah asmara tapi satu-satunya kisah asmara yang pernah terjadi dalam hidup John Keats. Kisah asmara yang ia bawa sampai ia menghembuskan nafas terakhirnya.

Tak semua orang suka kisah yang berakhir tragis memang tapi itulah kenyataannya dan Jane Campion sepertinya berusaha sedekat mungkin dengan kisah aslinya atau setidaknya yang pernah tercatat dalam sejarah. Dalam membuat visualisasi dari sepotong kisah dalam hidup Keats ini Jane Campion pun berusaha untuk membuatnya seindah mungkin. Seindah puisi-puisi karya John Keats.

Secara umum, bisa dibilang BRIGHT STAR ini adalah filmnya Abbie Cornish. Selain karena ia memang lebih jadi titik pusat dari seluruh alur kisah, setidaknya kisah hidup Keats selalu dikisahkan dari mata Fanny pada saat mereka tidak sedang bersama, Abbie juga berhasil memamerkan kepiawaiannya berakting. Bagusnya lagi, Ben Whishaw yang didapuk sebagai John Keats pun mampu mengimbangi permainan Abbie dengan baik. --disadur dari kapanlagi.com--

Starring: Ben Whishaw, Abbie Cornish, Paul Schneider, Kerry Fox, & Thomas Sangster
Director: Jane Campion
Runtime: 119 minutes

Source: imdb.com movieweb.com kapanlagi.com 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...